Bentuk dan model mobil selalu berubah-ubah, tapi ada satu hal yang nyaris abadi, logo.
Banyak  orang menasbihkan diri sebagai pecinta mobil tertentu, namun   hanya  sedikit orang yang benar-benar peduli maksud dan sejarah dari  logo   mobil kesayangan.Logo tak hanya sekedar simbol identitas visual  suatu   produk otomotif. Tapi, logo punya fungsi penting --  memperkenalkan   produk ke pasar dunia.Ada tiga tipe logo mobil yang  kini dikenal,   berbentu simbol, teks, maupun kombinasi antarkeduanya.
Yang  jelas, ada maksud tertentu atau kisah di balik sebuah logo yang   bisa  membuat penasaran. Ini cerita dan fakta menarik di balik logo    mobil-mobil top dunia.
1. Mercedes BenzLogo    bintang segitiga Mercedes punya arti khusus -- dominasi perusahaan   yang  meliputi darat, laut, dan udara.Sedangkan nama Mercedes berasal   dari  seorang pengusaha Austria dan pecinta otomotif, Emil Jellinek. Dia    memiliki seorang anak bernama Mercedes.
Jellinek tak hanya  menjual mobil Daimler-Motored-Gesellschaft (DMG)   namun berpartisipasi  dalam balap motor pertama di Jerman. Saat itu dia   mengendarai kendaraan  yang dibuat DMG di balik nama samarannya,   Mercedes.
Saat itu,  Mercedes merujuk ke nama tim dan pengemudi. Namun, saat ini   Mercedes  adalah hasil merger dua perusahaan mobil,   Daimler-Motored-Gesellschaft  atau DMG, yang didirikan oleh 
Gottlieb Daimler dan 
Wilhelm Maybach, serta Benz & Cie, yang didirikan oleh 
Karl Benz.Logo saat ini, bintang dalam lingkaran, diperkenalkan untuk pertama kalinya di 1937.
2. Audi
Insinyur  Jerman, August Hoch mendirikan perusahaan A. Horc & Cie   pada  1899.Satu dekade kemudian, dia terpaksa hengkang dari perusahaan   yang  didirikannya. Tak patah arang, bersama patner bisnisnya, Franz    Fikentscher, dia mendirikan perusahaan baru.
Ketika mendiskusikan  nama perusahaan barunya, putra Fikentscer yang   sedang belajar Bahasa  Latin di sudut ruangan menanyakan arti 'audiatur   et altera pars'  [bukankah ide bagus untuk menyebutnya Audi bukannya   Horch?]
Kata  'Horc' adalah singkatan dari kata 'mendengar' dalam Bahasa Jerman.    Sementara Audi adalah kata latin yang juga berarti  'mendengar'.Kemudian,   pada 1932, empat perusahaan yakni, Audi, Hoch,  DKW, dan Wanderer  merger  menjadi satu perusahaan, Auto Union.Kemudian  dipilihlah logo  berupa  empat cincin yang bertautan, simbol penyatuan  empat perusahaan  yang jadi  kebanggaan sekaligus rahmat bagi mereka  hingga saat ini.
3. BMW
Logo  lain yang menarik perhatian adalah BMW. Berwujud lingkaran terbagi    empat dengan dua warna, putih dan biru langit berselang-seling.Itu    melambangkan baling-baling pesawat yang berputar di langit biru.Simbol    itu relevan dengan sejarah BMW sebagai pemasok utama mesin pesawat    terbang, misalnya '
Red Baron' untuk pemerintah Jerman selama Perang Dunia I.
Pada 1918, ketika perang dunia berakhir, pemerintah Jerman menghentikan permintaan mesin pesawat pada BMW.
Kondisi  tak punya pilihan saat itu, justru membuat BMW berkreasi. Arah   bisnis  berubah. Perusahaan tersebut mulai dengan membuat rem kereta  api,  lalu  sepeda bermotor, sepeda motor, dan lalu mobil -- yang  mendunia.
4. Chevrolet
Ada dua kisah mengenai logo Chevrolet, 'bowtie'. Yang pertama, pendiri perusahaan, 
William C Durant   terinspirasi kertas pelapis dinding di sebuah hotel di Perancis. Dia    merobeknya untuk dijadikan logo.Versi cerita berbeda datang dari    istrinya. Dikatakan, inspirasi emblem bowtie datang dari sebuah surat    kabar Virginia -- ketika mereka berlibur di daerah Hot Springs,    Virginia, sekitar tahun 1912.
5. Ferrari
Simbol  'Cavallino Rampante' alias kuda jingkrak Ferrari ternyata punya   cerita  menarik.Simbol itu aslinya adalah emblem para penerbang Italia   dalam  Perang Dunia Kedua. Simbol itu dipakai juga Franceco Baracca --    penerbang Italia yang gugur dalam perang.Ketika Enzo Ferrari memulai    perusahaan mobil miliknya, dia menggunakan logo tersebut di mobil balap    Alfa Romeo, atas dorongan orang tua Baracca.
Kemudian, 'kuda  jingkrak' tak hanya dipasang di mobil Ferrari.   Popularitasnya melebihi  yang diperkirakan. Kini, logo Ferrari bisa   ditemukan di sepeda, kaos,  dan apapun yang bisa dibayangkan.
6. Ford
Logo  mobil asal Amerika Serikat ini sederhana, dengan huruf 'Ford' yang    ditonjolkan. Logo ini telah digunakan lebih dari 50 tahun.Bentuk  huruf   ini diperkenalkan Harold Wills -- rekan dekat Henry Ford.
Ketika remaja, Wills mencari uang dengan membuat kartu nama.
Ketika  rekannya, Henry Ford mencari logo untuk perusahaannya, Wills    menyodorkan set cetakan tuanya dan model huruf yang digunakan di masa    remajanya untuk mencetak kartu nama.
Pada 1912, lingkaran oval  ditambahkan dalam logo Ford. Pada 1927, logo   juga mengalami  perkembangan, warnanya menjadi biru. Logo terakhir --   oval biru ini  dirilis 2003 untuk menghormati 100 tahun Ford Motor   Company.
7. Lamborghini
Beberapa logo mobil mencerminkan selera sang pemilik. Salah satunya logo 'banteng mengamuk' di Lamborghini.Pendiri perusahaan, 
Ferrucio Lamborghini   adalah penggila matador, sampai-sampai memilihnya sebagai logo    perusahaan mobilnya.Banyak mobil Lamborghini yang diberi nama banteng    yang telah mendapatkan penghargaan dalam event-event dunia.
8. Renault
Perusahaan  Renault didirikan oleh Louis Renault ketika baru berusia 21   tahun.  Logo pertama perusahaan adalah tiga huruf depan Renault   bersaudara,  Louis, Ferdinand, dan Marcel.Perusahaan ini juga punya logo   khusus  untuk tank militer -- setelah tank ringan produksi perusahaan   Renault,  FT-17 digemari selama Perang Dunia I.
Logo bentuk berlian diperkenalkan pada tahun 1925 dan didesain ulang pada tahun 1972 oleh desainer terkenal 
Victor Vasarely. Logo yang berlaku saat ini, berlian dikelilingi persegi kuning adalah simbol kualitas.
9. Volkswagen
Sederhana  tapi mengena, itu yang menggambarkan logo mobil Volkswagen.   Logo VW  adalah adalah satu logo mobil yang paling sederhana dan cepat   dikenal  di dunia.Logo berbentuk V di atas huruf W dengan latar belakang    lingkaran warna biru.Volkswagen dalam Bahasa Jerman berarti 'mobil    rakyat'.
Logo ini diperoleh dari hasil kompetisi yang dimenangkan  Franz   Reimspiess.Volkswagen punya latar belakang sejarah menarik --  dimulai   pada 1930-an, era Nazi Jerman.Adalah ide Hitler untuk memulai  produksi   mobil dengan harga terjangkau untuk masyarakat. Hitler dan  Gercinand   Porsche mengeluarkan ide mobil kumbang Volkswagen yang bisa  membawa dua   orang dewasa dan tiga anak kecil.
Namun, pabrik  pembuat mobil kumbang lebih banyak memproduksi kendaraan   militer  ketimbang mobil untuk rakyat -- membuka kedok di balik maksud   Hitler  sebenarnya.
10. Volvo
Volvo  berarti 'saya berputar' dalam bahasa latin. Kata Volvo berasal   dari  kata latin 'volvere' yang berarti berputar.Logo Volvo adalah  simbol   kuno untuk besi -- yakni lingkaran dengan anak panah menunjuk  ke atas   secara diagonal ke kanan.Simbol ini juga merepresentasikan  'Mars' dewa   perang. Mobil Volvo juga secara tradisional dikenal untuk  fitur   keselamatan.Simbol kuno besi digunakan untuk juga mencerminkan  tradisi   kuat industri besi Swedia.
Logo Volvo terpasang di atas latar  belakang biru.Pasca kekalahan Jerman   dalam perang, Inggris mengambil  alih pabrik Volkswagen dan mencoba   menjualnya.
Awalnya, orang-orang menolak desain kumbang VW, yang dianggap inferior.Namun, VW berhasil membuktikan dirinya, 
Volkswagen Beetle menjadi salah satu mobil terlaris di dunia.
11. Hyundai
Perusahaan  mobil Korea Selatan ini memiliki slogan 'Drive your way' ini   memiliki  logo huruf 'H' dikelilingi bentuk oval -- menggambarkan   keinginan kuat  perusahaan untuk mendunia.Huruf H yang miring dan   bergaya, juga  menggambarkan simbol dua orang -- representasi perusahaan   dan pelanggan  -- sedang berjabat tangan.
12. Toyota
Dari  kejauhan, logo Toyota mirip huruf 'T' yang berarti 'Toyota'.Namun,    jika diamati lebih dekat, logo mobil Jepang itu terdiri dari tiga  bentuk   oval. Dua oval yang saling bertautan menyerupai huruf 'T'    merepresentasikan hubungan saling menguntungkan dan saling mempercayai    antara pelanggan dan Toyota.
Latar belakang oval yang lebih besar  menggambarkan perkembangan  kemajuan  teknologi dan kesempatan tak  terbatas bagi perusahaan untuk  terus maju.